Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat baking soda yang perlu anda tahu

Baking soda (Sodium bicarbonate) lebih dikenal sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue. Tahukah anda, ternyata ada beragam manfaat lain dari baking soda dari sekedar bahan kue. Berikut 10 manfaat baking soda yang perlu anda tahu. 

10  Manfaat baking soda yang perlu anda tahu 





1. Membersihkan peralatan dapur 

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur seperti wastafel, bathtub, ubin kamar mandi, meja dapur, alat dapur yang terbuat dari logam bahkan lampu mobil. Caranya adalah menaburkan 2 sendok teh (10 ml) baking soda ke sebuah spons / kain lap yang telah dibasahi dengan air. Setelah itu gosok-gosokkan pada bagian yang akan dibersihkan. Setelah itu bilas kembali dengan air untuk menghilangkan residu putih.  

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: 
  • Jangan menggunakan baking soda untuk menggosok peralatan atau alat masak yang terbuat dari alumunium karena reaksi kimia akan mengikisnya.
  • Untuk noda yang membandel, buatlah pasta degan mencampurkan air dan baking soda, setelah itu diamkan selama 30 menit. Baru digunakan dengan bantuan spons basah.

2. Menghilangkan bau di lemari es 

Menyimpan baking soda dalam wadah terbuka di dalam lemari es / kulkas bermanfaat untuk menyerap bau. Jangan lupa untuk menggantinya setiap satu bulan sekali untuk mempertahankan efek penghilang bau. 

3. Menyegarkan ruangan 

Baking soda dapat membantu menghilangkan bau yang tidak sedap dari ruangan / ruma h anda. Caranyba adalah dengan menyimpan wadah / nampan berisi baking soda, untuk lebih efektif bisa ditambah dengan minyak esensial untuk memberikan kesegaran dan wangi-wangian. 

4. Menghilangkan bau karpet

Taburkan baking soda pada karpet dan biarkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan vacum cleaner / penyedot debu. Baking soda akan menyerap bau yang tidak enak dari karpet anda. 

5. Sikat gigi dan cuci rambut dengan baking soda 

Walaupun rasanya cukup aneh, tapi tak sedikit orang yang menyikat gigi mereka dengan baking soda. Menurut mereka baking soda dianggap lebih aman dan lebih efektif daripada pasta gigi komersial.  Selain untuk menyikat gigi, baking soda juga bisa dimanfaatkan menjadi shampoo, atau bahkan sabun tubuh dengan mencampurkan baking soda dan air. 

6. Mencegah bau kaki 

Tuangkan sedikit baking soda ke dalam sepatu anda untuk mencegah kaki berkeringat dan bau kaki. 

7. membuat telur lebih pulen.

Menambahkan sedikit baking soda ke dalam adonan telur sebelum dimasak dapat menjadikan telur akan menjagi lebih pulen. 

8. Membersihkan buah dari pestisida 

Mencuci buah-buahan atau sayur-sayuran yang baru dibeli dengan baking soda dapat membantu menghilangkan pestisida yang masih menempel. 

9. Mengusir serangga 

Walaupun teknik ini masih belum terbukti, namun tak sedikit orang yang menaburkan baking soda di beberapa tempat untuk mengusir dan mencegah serangga seperti kecoa dan lipan. 

10. Memadamkan kebakaran di penggorengan 


Saat muncul api saat sedang memasak, baking soda bisa digunakan untuk memadamkannya. Namun hal ini hanya berlaku untuk api kecil saja, karena untuk api yang cukup besar anda harus menggunakan alat pemadam kebakaran atau meminta bantuan orang lain. 

Itulah 10 manfaat baking soda yang perlu anda tahu.